Rabu, 14 Oktober 2009

PENGEMBARAAN

I

Seperti selalu bergetar
seperti pernah terdengar
gumeter sworo tembang
tengah wengi
kawulo manembah, kawulo ngabekti
kawulo manunggal
Ing Gusti
.

II

Kerna aku hamba aku meminta
kerna tak pasti aku mencari
nglemboro golek margo
margo kang bener lan pinercoyo
pinercoyo dening kawulo
kawulo kang gumeter salebeting suksmo
sejati
.

III

Mantera-mantera
nglangut terdengar di kejauhan
menggemakan kepurbaan hidup
dan kasih yang jauh
Negeri Gaib
senyap kata
lengang suara
(heneng-hening tanpo suoro)

Ruh-ruh gemetar melihat
bayang-bayang terbaring menghadap
keheningan
.

IV

Pernah,
aku berdogma
       aku berdusta
              aku berdalil
                     aku berdalih
                            aku bertaubat
                                   aku berbuat
                                          aku bersetia
                                    mengkhianatinya
                                   aku mencuci
                            terkotori

seperti yang pernah terucap adalah
                 kegelisahan
           kecemasan
    ketakutan
              diri
          dalam
saputan warna
kusam dunia.

Ingin dalam pasrahku                                         Ingin dalam salahku
        Sumarah                                                               Seleh
                                      Ingin dalam diamku
                                            Manembah
                                                         .


V

Hening
         heneng
                  tanpo suoro
                           heneng
                                    hening
                                             tanpo rupo
                                    heneng
                           hening
                  tanpo roso
         heneng
hening
.

                                                 tan keno
                                         kinoyo ngopo
                                                            .


1982

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRINT AD

Add caption ...